• 021-87796836

About Us

NURUL FIKRI ENGLISH COURSE

(NEC)

Sejarah Awal

Nurul Fikri English Course pada awalnya merupakan sebuah divisi tersendiri dari Bimbingan Belajar Nurul Fikri (Bimbel NF) dengan nama Nurul Fikri English Division (NED). NED terbentuk pada awal tahun 1990-an. Badan hukum NED kemudian dilepaskan dari Bimbel NF pada tahun 1994 dan berdiri sendiri dengan nama Nurul Fikri English Course (NEC). Pada saat didirikan, NEC telah memiliki dua lokasi belajar, yaitu NEC Salemba dan NEC Mampang. Namun, produk yang ditawarkan masih terbatas, hanya Program Persiapan Ujian Bahasa Inggris untuk UMPTN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan  General English saja.

Pada tahun-tahun berikutnya, NEC membuka dua cabang lagi, yaitu di bilangan Klender dan Margonda, Depok. Dan yang lebih penting lagi, NEC mulai memposisikan keberadaannya sebagai lembaga kursus Bahasa Inggris bernuansa Islam dengan motto “Learning English in an Islamic Atmosphere.”  Program yang dibukapun lebih bervariasi, yaitu English for Children, English for Teenagers, dan English for Adults.

Sejak awal berdirinya, NEC telah mengalami beberapa kali pergantian kepemimpinan. Terhitung sejak 26 Desember 2012, NEC berada di bawah kepemimpinan Bapak Amru Asykari. Saat ini, NEC memiliki 4 cabang utama (Margonda, Pasar Rebo, Petukangan, dan Bogor) dan 2 kerjasama, yakni NEC Cinere dan NEC Palembang. Dimasa depan, diharapkan akan lebih banyak lagi cabang dan kerjasama NEC terutama di wilayah Jabodetabek.

Kurikulum & Pengajaran

Kurikulum NEC dikembangkan untuk menciptakan siswa yang memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang unggul tanpa menghilangkan jati dirinya sebagai seorang muslim/muslimah. Mengacu pada standar kurikulum internasional, yakni Cambridge Curriculum Standard yang disesuaikan, kurikulum NEC diperkaya dengan materi-materi Bahasa Inggris bermuatan Islam terutama untuk program anak-anak. Penyusunan kurikulum program Bahasa Inggris untuk anak-anak dibantu oleh native speaker Muslimah, seorang pakar pendidikan anak-anak asal Inggris, yaitu Mrs. Angela Alhamid. Program-program kelas dewasa juga diintegrasikan dengan nilai-nilai keislaman ke dalam pembelajarannya.

Proses belajar mengajar di NEC menggunakan metode Communicative method, yakni peserta dilibatkan secara aktif menggunakan Bahasa Inggris di dalam kelas dan dimotivasi untuk mempraktikkanya dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan ini merupakan pendekatan yang efektif dalam mempelajari bahasa dimana peserta dihadapkan pada situasi atau konteks yang sesungguhnya dalam kehidupan sehari-hari. Secara umum, pengajaran mengacu pada penguasaan ketrampilan Bahasa Inggris, meliputi Listening, Speaking, Reading, Writing.

Islamic Atmosphere

Berbeda dengan kursus Bahasa Inggris yang lain, suasana keislaman NEC sangat terasa.

Guru-guru NEC direkrut melalui serangkaian tes kompetensi Bahasa Inggris dan kompetensi serta pengalaman mengajar, disamping juga disyaratkan memiliki akhlaqul karimah (akhlaq yang baik), sehingga bisa menjadi panutan dari para siswanya. Hal tersebut selaras dengan cita-cita NEC untuk menciptakan lingkungan belajar yang Islami (Islamic Atmosphere). Guru-guru NEC pada umumnya berasal dari perguruan tinggi ternama di Jakarta, Bogor, Depok dan sekitarnya, seperti Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, dan Institut Pertanian Bogor. Pada kesempatan-kesempatan tertentu, NEC juga mendatangkan native speaker sebagai guru tamu, dan tentu saja diutamakan yang muslim/muslimah.

Islamic Atmosphere NEC tidak hanya ditunjukkan dalam kurikulum dan para pengajar, tetapi juga para staf/karyawan dan fasilitas ibadah. NEC berkomitmen untuk hanya mempekerjakan karyawan muslim/muslimah. Karyawan laki-laki disyaratkan tidak merokok, karyawan perempuan harus berjilbab. Di samping itu, setiap lokasi NEC selalu disediakan mushalla yang merupakan salah satu sarana penting untuk menanamkan kecintaan siswa-siswi pada agamanya. Guru dan staf NEC akan senantiasa mendorong siswa-siswinya untuk sholat berjamaah bersama-sama pada waktunya.

Fasilitas Belajar

NEC melengkapi outletnya dengan sarana computer multimedia, audio-video dan infocus/projector. Semua itu digunakan untuk mengoptimalkan kegiatan belajar. Ditambah dengan tersedianya perpustakaan dan internet gratis di beberapa lokasi, diharapkan kegiatan belajar bagi siswa-siswi NEC senantiasa menjadi hal yang menyenangkan.

Come and Join Us!


Newsletter

Jadilah yang pertama tahu berita terbaru dari NEC

Categories